Selasa, 12 Maret 2013

Metodologi agar mudah menghafal Al Qur'an

Menjadi seorang hafidz atau penghafal Al Qur'an merupakan salah satu impian terbesar bagi sebagian orang muslim , karena memang sangat besar keutamaannya, diantara keutamaan menghafal Al Qur'an ialah kelak para penghafal Al Qur'an akan dinaikan derajatnya didalam surganya Allah SWT, sebagaimana hadits Rasulullah SAW :

 “Penghafal Quran akan datang pada hari kiamat dan AlQuran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). AlQuran kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)

itulah kedudukan orang yang menghafal Al Qur'an di hari kemudian nanti, lalu bagaimana dengan keadaan orang yang tidak memiliki sedikitpun hafalan Al Qur'an, disebutkan didalam hadits :

"Orang-orang yang tidak punya hafalan Al Qur'an sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh."(HR.Tirmidzi)

dua hadits diatas adalah dua hadits yang sangat indah dan diriwayatkan secara shahih, semoga dapat menggugah hati kita, meningkatkan iman kita dan menjadikan kita semua ahlul Qur'an.Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

untuk menjadi seorang hafidz berbagai macam metode / cara diajarkan oleh para guru-guru kita, dan ini sedikit tips atau cara agar kita mudah menghafal Al Qur'an yang sedikit yang saya ingat yang pernah diberikan oleh Ustadz Yusuf mansur dalam wisata hati antv,mudah-mudahan dapat membantu kita semua dalam menghafal Al Qur'an, diantaranya adalah :
1. Do'a dan niat.
sebelum menghafal kita harus sadar dan memahami Al Qur'an ini siapa yang memilikinya ? Al Qur'an ini punya Allah SWT, Berdo'alah terlebih dahulu sebelum menghafal kepada Allah agar menurunkan Al Qur'an kepada kita, masuk kedalam hati kita,dan menginstalkannya dipikiran kita.

luruskan niat kita, harus semata mata karena Allah, jangan karena ingin di sebut atau dianggap sebagai penghafal Al Qur'an.

2.Mengetahui Fadhilah dari membaca Al Qur'an 
orang yang tidak tahu jogging di pagi hari itu manfaatnya apa, mereka tidak akan melakukannya, dan akan lebih memilih tidur ketimbang lari, tapi buat orang yang mengetahui manfaat jogging atau lari pagi itu bagus untuk kesehatan maka pasti dia akan melakukannya dan tidak akan pernah mau untuk tidur di pagi hari karena dia tahu tidur dipagi hari itu tidak bagus bagi kesehatan, pun halnya sama dengan orang yang mengetahui Fadhilah atau keutamaan membaca dan menghafal Al Qur'an, kalau saja kita tau keutamaan menghafal pasti akan mudah saja untuk mengerjakannya.
"mengetahui sesuatu membuat kita cinta kepadanya"

3.Bicara Riyadhoh, atau amalan-amalannya.
apa amalannnya agar dipermudah menjadi penghafal Al Qur'an, apapun bebas, bisa sholat tahajjud, bisa sholat dhuha,bisa berpuasa senin kamis, bisa berpuasa Nabi Daud AS, bisa juga dengan sedekah, bisa juga dengan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
yang jelas ketika kita sedang menghafal, barengilah dengan amalan-amalan sunnah,yang mudah-mudahan amalan sunnah tersebut dapat mempermudah kita semua dalam menghafal.

4. Mushafnya jangan diganti-ganti.
Kenapa jangan diganti? karena struktur Qur'an itu berbeda-beda, jadi untuk mempermudah mengingat letak bacaannya, usahakan jangan pernah mengganti mushaf yang dipakai untuk menghafal.
hal ini pun sudah saya coba dan praktekan. dan memang sangat membantu.

5.Mengulang-ngulang bacaan.
orang yang pintar kalah dengan orang yang rajin, orang yang pandai kalah dengan orang yang istiqomah, sekalipun kita bukan orang yang memang kategorinya mudah untuk menghafal, jangan lah berputus asa, sering-seringlah mengulang bacaan yang sedang dihafal, semakin sering kita mengulang bacaan yang sedang kita hafal semakin mantap pula hafalan kita,ulang-ulang lah dalam menghafal. tidak mengapa lama hafalnya, ketahuilah disaat kita lama dalam menghafal Al Qur'an disitulah kita sedang berinteraksi dengan Al Qur'an, dan insya Allah kita akan mendapatkan keberkahan Al Qur'an.

itulah sedikit tips yang mudah-mudahan dapat kita amalkan sehingga menjadikan kita, keluarga kita, saudara-saudara kita, generasi penerus kita menjadi umat Nabi Muhammad SAW yang mencintai Al Qur'an dan mendapat Syafaat dari Al Qur'an tersebut.
Aamiin Allohumma Aamiin..
Akhir Kalam
Semoga Bermanfaat.



"Membaca Al Qur'an dan menghafalnya bagaikan sedang membangun gunung emas,dimana setiap hurufnya ada sepuluh pahala Kebaikan yang akan diberikan Allah SWT " Ust.Yusuf Mansur.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

syukron....akhi maul semoga bernanfaat buat masyarakat Aamiin..

Maulana Syarif mengatakan...

Aamiin Allohumma Aamiin...

tahfeezh mengatakan...

semoga bermanfaat. thanks...