Terima kasih telah berkunjung ke web ini, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar.
Home » » Keluhan Pertanda apa???

Keluhan Pertanda apa???

"kebiasaan yang buruk jika dipupuk terus menerus akan berakibat membahayakan kehidupan baik didunia maupun diakhirat salah satunya adalah mengeluh"

banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengeluh adalah sebuah kebiasaan yang buruk,bahkan ada juga yang bilang ..tiada hari tanpa mengeluh, naudzubillah, mudah-mudahan kita semua terjaga dari hal yang demikian itu, sebab kenapa kita minta perlindungan dari perbuatan mengeluh? sebab perbuatan itu bisa mendatangkan murka Allah SWT, sebab mengeluh itu adalah salah satu pertanda bahwa kurangnya rasa syukur kita kepada Allah SWT,dan siapa orang yang tidak bersyukur,maka Allah SWT akan memberikan adzab kepadanya."....jika kalian bersyukur niscaya akan aku tambahkan untuk kalian dan jika kalian kufur (tidak mensyukuri) atas ni'mat yang aku berikan, sesungguhnya adzabku amatlah pedih" (QS.Ibrahim :7)  naudzubillahi min dzalik.. semoga kita semua terhindar dari adzab Allah SWT.

sudah menjadi sifat manusia sejak zaman nabi Adam AS yang selalu tidak pernah merasa puas,apalagi terkait masalah materi, banyak diantara kita mengeluh terkait perkara rizki,contoh diberikan penghasilan satu juta oleh Allah SWT mengeluh dengan dalih uang sejumlah itu cukup buat apa di zaman sekarang? buat makan aja masih kurang, ya Allah, coba deh belajar mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT,terkait materi jangan kita lihat ke atas tapi lihatlah kebawah, lihat deh orang-orang yang memiliki penghasilan dibawah kita, mereka pun sama keadaannya dengan kita bahkan lebih dibawah kita tapi dengan kesederhanaannya mereka tetap tenang menjalani kehidupan ini, karena menganggap yang telah diberikan itu adalah yang baik buat mereka. begitulah kita harus bersikap terkait rizki yang diberikan kepada kita.

berpikirlah dengan luas, jangan hanya mengartikan bahwa rizki itu hanya uang dan uang, banyak hal yang lain yang merupakan rizki dari Allah SWT, diantaranya adalah kesehatan. ya memang hidup ini adalah ujian, orang yang sehat biasanya diuji dengan kekurangan harta, dan orang kaya pun sama-sama diuji, dengan apa diujinya? diuji dengan sakit umpamanya, berapa banyak orang yang bergelimangan harta tapi hanya bisa terbaring dirumah sakit..

Jadi mengeluh itu pertanda kita kurang bersyukur kepada Allah SWT, yang bila kita terus kita kerjakan baik itu sadar atau tidak sadar dampak tidak baiknya akan kembali kepada diri kita sendiri. apa yang dikasih sama Allah SWT yudah disyukuri aja, insya Allah bakalan ditambah.

teringat ucapan Almarhum Almagfurlah Abuya KH.Zaiundin MZ yang mengisyaratkan pelajaran buat kita semua : "Syukuuur punya mobil, tetangga sebelah cuma punya motor kalau mau kemana-mana masih keujanan, yang punya motor juga bersyukur, Alhamdulillah punya motor tetangga sebelah cuma punya sepeda, kemana-mana harus ngayuh/genjot sepeda dulu, yang punya sepeda bersyukur, Alhamdulillah punya sepeda, tetangga sebelah ga punya, kemana-mana jalan kaki, yang jalan kaki bersyukur, Alhamdulillah dikasih sehat bisa jalan kaki, tetangga sebelah struk ga bisa jalan. yang sakit struk juga masih bersyukur, Alhamdulillah dikasih sakit,tetangga sebelah kemaren digotong rame-rame ke pemakaman..." begitulah beliau mengajarkan kita agar supaya selalu bersyukur apapun keadaaan yang kita alami saat ini.

jangan sampai kita celaka bahkan diadzab seperti kaum kaum yang terdahulu, seperti Fir'aun, Qorun, Abu lahab dan Abu Jahal yang diadzab oleh Allah SWT karena tidak bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Allah SWT.

"Sungguh manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia menjadi kikir. kecuali orang-orang yang melaksanakan sholatnya dan orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan dan orang-orang yang takut terhadap azab tuhannya." ( Al Maarij [70] : 19-27)



-Semoga Bermanfaat-

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hidup ini indah jika kita selalu bersyukur kepadaNya..bersyukurlah sebelum penyesalan mendatangi anda..

Nurulzahirahzaky mengatakan...

Bener bang Jika Kita Selalu Bersyukur Insya Allah nikmat kita akan bertambah...

Popular Posts

Chat Pengunjung

Terima Kasih sudah berkunjung Ke web ini, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar. kunjungi web saya yang lain di www.belajartajwid.tk , semoga bermanfaat