Terima kasih telah berkunjung ke web ini, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar.
Home » » Saat terakhir Rasulullah SAW Part 3

Saat terakhir Rasulullah SAW Part 3

kemana malaikat Jibril ? kenapa tidak menemani malaikat izro'il mencabut nyawa Rasulullah SAW?
Didalam hadits Nabi memang diterangkan tidak datang malaikat izro'il dalam mencabut nyawa,kecuali ditemani malaikat jibril, baik muslim baik kafir.

kenapa perlu malaikat jibril itu datang ? Rasulullah pun meriwayatkan malaikat izroril pun tidak sendirian melainkan dengan tiga kelompok malaikat kematian..
begitulah digambarkan oleh Allah dalam surat Assajdah,jadi malaikat izro'il hanya melakukan eksekusi saat nyawa seseorang sudah ada di tenggorokannya,dan yang mencabut nyawa dari ujung kaki sampai tenggorokan itu adalah tiga kelompok malaikat kematian yang lain. begitulah kurang lebih umumnya manusia jika akan dicabut nyawanya, malaikat yang datang adalah malaikat izro'il,jibril dan tiga kelompok malaikat kematian..

Lalu apa tugas malaikat jibril saat malaikat izro'il mencabut nyawa? setelah tiga kelompok malaikat kematian itu selesai mencabut nyawa seseorang maju lah malaikat jibril dan izro'il berdua,lalu kemudian malaikat izro'il mempersilahkan malaikat jibril maju duluan untuk melaksanakan tugasnya..jika yang didatangi ini adalah orang yang baik,orang yang sholeh,orang yang melaksanakan sholat,tidak durhaka kepada orang tua,jibril akan datang padanya disisi kanannya serta mengepakkan sayapnya yang kanan lalu tampaklah surga yang bertingkat-tingkat disana,sambil berkata "hadza manzilatuk yaa fulaan,ini tempatmu wahai pulan, fii jannatin na'iim,disurganya Allah..yang penuh dengan keni'matan" saking senengnya kata Rasulullah sudah diperlihatkan tempatnya disurga  si fulan tidak bisa ingat apa-apa dan tidak bisa ingat dengan siapapun,sambil tersenyum. kemudian memutih dia punya wajah,sampai wafatlah dia, sebaliknya jika yang didatangi itu adalah orang yang tidak sholeh,seneng ninggalin sholat,seneng durhaka,seneng main judi,lalu akan datang malaikat jibril disisi kirinya sambil mengepakkan sayapnya yang sebelah kiri dan mengatakan kepada si fulan "yaa fulan Hadza manzilatuk fii naari jahannama..yaa fulan ini tempatmu di neraka jahannam wa bi'sal mashiir" dan saking ngerinya si fulan melihat gambaran neraka,lalu pun sama dia tidak bisa ingat apa-apa dan tidak bisa ingat dengan siapapun,sampai wafatlah dia dalam keadaan raut wajah ketakutan. naudzubilaah tsumma naudzubillah....
lalu kenapa disaat Rasulullah SAW akan dicabut malaikat jibril tidak ikut menemani malaikat izro'il, jawabannya adalah jelas karena Rasululllah SAW adalah manusia yang ma'shum,tidak perlu dikepakkan lagi sayap malaikat jibril,tidak perlu diperlihatkan lagi tempatnya yang layak kita juga sudah tahu Rasulullah sudah pasti tempatnya ada disurganya Allah SWT.. lalu kemana malaikat jibril bukankah malaikat izro'il turun berdua dengan malaikat jibril saat mau mencabut nyawa Rasulullah SAW? betul dari baitul makmurnya dia turun berdua tapi sesampai dilangit yang pertama jibril bilang kepada izro'il "istamir yaa izroil..terusin yaa izroil aku tidak tega melihat engkau mencabut nyawa orang yang paling aku sayangi. Subhanaallah..


dan karena Rasulullah saat itu minta kepada malaikat izro'il untuk menghadirkan malaikat jibril, maka tidak ada lagi pilihan buat izro'il ,kecuali dia naik lagi kelangit yang pertama mengundang jibril untuk hadir..
kemudian datanglah jibril kehadapan Rasulullah SAW dan bertanya "ada apa yaa Rasulullah memanggil diriku?" Lalu Rasulullah bertanya "wahai Jibril Aku belom Redho dicabut nyawanya sampai aku tahu bagaimana nasib umatku sepeninggal aku nanti?" Masya Allah cinta bangat Rasulullah sama kita..lalu jibril menjawab "itu bukan hak ku untuk menjawab wahai Rasulullah,izin kan aku dan izro'il kembali dulu nanti aku 
akan kabarkan jawaban dari Allah" lalu kemudian keluarlah hadits yang masyhur bahwa kita akan selamat,kalau apa? kalau kita memegang kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW.

barulah kemudian Rasulullah berkata "Saya ikhlas saya ridho dicabut nyawanya" lalu Rasulullah SAW balik kanan lalu barulah kemudian izro'il bekerja. (izro'il sendiri tanpa malaikat kematian yang lain).


-Lanjut Part 4 -

0 komentar:

Popular Posts

Chat Pengunjung

Terima Kasih sudah berkunjung Ke web ini, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar. kunjungi web saya yang lain di www.belajartajwid.tk , semoga bermanfaat